Human hand stacking generic coins over a black background with hexagonal golden shapes. Concept of investment management and portfolio diversification. Composite image between a hand photography and a 3D background.

Tips Dalam Memilih Situs Crowdfunding yang Tepat

Situs crowdfunding atau urun dana makin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis yang ingin mendapat modal melalui internet. Tidak heran jika banyak sekali perusahaan Start Up yang mulai membuat situs satu ini. Namun, perlu diingat, jika tidak semua crowdfunding itu aman dan terpercaya. Cara paling mudah dengan mengecek di OJK.

Dengan terdaftarnya suatu perusahaan pendanaan ini di OJK, itu artinya perusahaan ini aman. Jika nantinya Anda mengalami kendala, Anda bisa melaporkan kendala tersebut ke pihak OJK yang bersangkutan. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih situs crowdfunding OJK dengan benar dan tepat.

Tips Memilih Perusahaan Crowdfunding yang Tepat dan Aman 

1. Pilih Platform yang Banyak Diminati

Berkualitas tidaknya situs yang digunakan untuk crowfunding dapat dilihat dari banyaknya investor yang menggunakan platform tersebut. Ketika ada suatu platform dengan peminat yang banyak, itu menandakan bahwa perusahaan tersebut aman dan banyak digunakan para pemilik modal.

2. Perlunya Riset Lebih Lanjut

Cara paling mudah untuk mengetahui equity crowdfunding disebut terpercaya, yakni dengan memeriksa di web OJK, apakah mereka terdaftar di sana. OJK sendiri merupakan suatu entitas keuangan yang banyak menaungi perusahaan-perusahaan keuangan, salah satunya situs pendanaan semacam ini.

3. Pilih Platform yang Mengelola Dana Investor Dengan Sistem Terbaik

Maksud baik di sini, yakni platform dengan pengelolaan dana investor yang bersifat terbuka dan sifatnya jujur. Apalagi di masa pandemi sekarang banyak modus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Salah satu platform crowdfunding Indonesia yang patut Anda coba adalah Amartha.

4. Pilih Platform yang Memberi Penawaran Paling Baik dan Paling Sesuai Dengan Anda

Dari semua jenis platform yang direkomendasikan teman atau Anda mencari sendiri, cari equity crowdfunding yang memberi keuntungan paling tinggi. Namun, jangan hanya terfokus pada pendapatan yang diperoleh. Pahami pula mengenai risiko yang akan Anda hadapi begitu Anda memilih platform A, B, C, atau pun D.

5. Pandai Dalam Memilih Platform

Biasanya dalam memilih platform perlu kepandaian tersendiri. Umumnya para pengguna platform patungan dana yang sudah lama ini, menyarankan untuk melihat isi situsnya terlebih dahulu. Jika Anda merasa sudah banyak sekali yang produknya hampir sama persis, segera cari web lainnya untuk menghindari kerugian.

6. Mengikuti Perkembangan Crowdfunding

Sebagai pemberi dana atau investor, Anda wajib mengikuti perkembangan terkini mengenai crowdfunding. Update informasi mengenai pendanaan tersebut, agar Anda tidak ketinggalan berita terbarunya. Pelajari berbagai sumber, serta apapun itu agar Anda bisa mempelajari pembaruan yang ada.

Sedikit informasi, bagi Anda yang memang serius ingin mulai belajar berinvestasi dengan cara tersebut, ada baiknya mencoba aplikasi Amartha atau langsung ke situs webnya di https://amartha.com. Start Up P2P Lending ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dan sudah resmi terdaftar di OJK. Dijamin sudah sangat aman dan dapat dipercaya kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *